Total Tayangan Halaman

Minggu, 10 November 2013

Yokai Klasik Dari Jepang (1)

Wanyūdō

Wanyūdō (Roda Biarawan) adalah seorang tokoh dalam mitologi Jepang , yokai terkenal dalam cerita rakyat Jepang.

Wanyūdō dikatakan mengambil bentuk bantalan roda gerobak sapi yang wajahnya terbakar seperti seorang manusia yang tersiksa. Berbagai cerita rakyat dimaksudkan dia sebagai jiwa seorang daimyo tiran yang terkutuk dalam hidupnya, dikenal karena korbannya ditarik di belakang sebuah gerobak sapi. Dia mengatakan untuk menjaga pintu-pintu neraka dan untuk mengembara bolak-balik di sepanjang jalan antara dunia ini dan dunia bawah, menakut-nakuti penduduk kota saat ia muncul dan mencuri jiwa-jiwa siapa saja yang terlalu dekat dengannya dan membawa mereka ke neraka bersamanya.

Yama-uba

Yamauba (山姥?, nenek gunung) atau dibaca Yamamba adalah wanita tua golongan yōkai yang hidup di tengah hutan di gunung dalam legenda dan cerita rakyat Jepang. Ia digambarkan bertubuh tinggi, rambutnya panjang beruban semua, sudut luar mata tertarik ke atas, dan mulutnya lebar hingga ke telinga.Nama lain untuknya adalah onibaba (鬼婆?, nenek oni) dan kijo (鬼女?).
Menjelma sebagai wanita berparas cantik, yamauba akan menawarkan tempat menginap kepada pelancong atau yang kemalaman di tengah gunung. Orang itu juga akan ditawari makan dan minum. Setelah tertidur, orang itu akan dimakan oleh yamauba. Legenda yamauba diperkirakan berasal dari tradisi membuang nenek di gunung dan cerita rakyat Ubasuteyama.

Yama-uba adalah sesosok wanita yang sangat tua yang memiliki rambut putih yang sangat panjang dan mulut lebar hingga ke telinganya. Jika ada seseorang tersesat di dalam gunung, yama-uba akan mengundangnya untuk makan malam. Ketika sang korban sudah tertidur, dia akan segera mengasah kapaknya, dan…!!!
Sebelum hal itu terjadi, berhati-hatilah karena dia bukanlah oma-oma yang ramah.


Isonade

Isonade adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki tiga buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya. Ia pertama kali ditemukan di perairan Yamagawa dan hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Setiap beberapa bulan dia akan keluar ke permukaan untuk menghirup udara. Ketika dia melakukan hal ini dia akan menimbulkan badai dan ombak di perairan sekitarnya, semua kapal didekatnya akan tenggelam dan kemudian dijadikan makanan oleh Isonade. Dia juga sering menyerang kapal-kapal yang berlayar di lautan bebas.


Ha-inu

Ha-Inu (は いぬ, "anjing bersayap"), hanya berarti bahwa anjing dengan besar, sayap lebar. Hal ini juga kadang-kadang disebut ao-Inu, atau "anjing biru", untuk bulu biru yang brilian. Dikatakan bahwa ha-Inu adalah roh reinkarnasi dari anjing yang dimiliki oleh samurai Toyotomi Hideyoshi besar. Sekali, ketika Hideyoshi dan keluarganya sedang tidur, sebuah band dari perampok mencoba masuk ke rumahnya. Tapi, untungnya, anjingnya berdiri menonton. anjing Hideyoshi menundukkan para perampok dan takut mereka pergi, yang tidak pernah kembali ke tempat itu lagi. samurai itu begitu bangga dengan hewan peliharaan yang setia bahwa ketika ia meninggal, ia menciptakan peringatan untuk itu, dalam bentuk patung batu anjing bersayap. Saat ini, Jepang mengatakan, jika Anda sendirian dan menjadi waylaid oleh perampok atau bandit lain, yang perlu anda lakukan adalah memanggil ha-Inu. Semangat anjing akan datang pada sayap cepat dan kulit tiga kali. Pada akhir kulit, angin besar akan dipanggil dan merobohkan bandit. Ini memberikan Anda cukup waktu untuk melarikan diri ke tempat yang aman.


Hōkō

Anjing roh pohon ini tercatat pula dalam leitaratur kuno china Soūshénjì, dimana dalam text kuno tersebut menerangkan :
The P'eng-hou in the Camphor Tree
Pada masa pemerintahan pertama dinasti Wu, Lu Ching-shu adalah Grand Protector of Chien-an memerintahkan prajuritnya untuk menebang pohon champor raksasa,setelah beberapa tebasan kapak dijatuhkan,tiba2 darah menyembur deras dari batang pohon. Setelah pohon tumbang,munculah seekor mahluk dengan wujud anjing berwajah manusia muncul.
Ching-shu menjelaskan : , "mahluk ini adalah p'eng-hou." Dia merebusnya dan memakannya, rasanya sama seperti daging anjing.
Pai-tse T'u mengatakan: "Roh pohon yang disebut p'eng-hou.berwujud seperti anjing hitam tanpa ekor dan bisa direbus lalu dimakan.


Daidara-bocchi

Di Jepang terdapat legenda tentang raksasa luar biasa bernama Daidara-bocchi, dengan ukuran dan kekuatan yang tidak mungkin, tetapi memiliki rasa humor. Dikatakan bahwa jejak kaki makhluk ini telah menciptakan cekungan, danau, dan kolam yang tak terhitung banyaknya. Dan dengan kekuatannya kadang dia menyalah gunakannya untuk memindahkan gunung-gunung dan sungai-sungai. Menurut salah satu legenda, berat tubuh Daidara-bocchi sebanding dengan berat Gunung Fuji dan Gunung Tsukuba bila diajdikan satu, dan ketika dia terjatuh, akhirnya membelah gunung itu menjaadi dua.


Yuki-onna

Sedangkan Yuki-Onna atau wanita salju digambarkan sebagai seorang wanita cantik berkimono putih yang muncul ketika malam badai salju. Ia membuat orang tersesat dan karena tersesat dalam badai salju, seringkali korbannya akan ditemukan meninggal dalam keadaan beku. Nafasnya yang sedingn es membuat sang korban membeku seketika. Dengan sekali hembus, whuzzz… sang korban pun berubah menjadi es balok…!


Nue

Makhluk misterius ini biasanya digambarkan memiliki kepala monyet, tubuh seorang anjing racoon, tangan dan kakinya dari harimau, dan ular ekor.

Kisah yang paling terkenal yang melibatkan nue terjadi pada tahun 1153, di istana kekaisaran di Kyoto. Kaisar Konoe mulai mengalami mimpi buruk yang mengerikan setiap malam, sampai-sampai ia jatuh sakit, dan tampaknya bahwa sumber adalah awan gelap yang muncul di atap istana setiap malam pada pukul dua pagi. Masalah ini akhirnya diselesaikan oleh Yorimasu Minamoto, yang keluar ke atap pada suatu malam dan menembakkan anak panah ke dalam awan gelap itu, dan jatuhlah nue yang sudah mati. Yorimasu kemudian mengambil tubuh nue dan menenggelamkannya ke Laut Jepang.

Sebuah sekuel cerita, di mana suatu mayat nue mengapung di suatu teluk dan penduduk setempat, karena takut akan kutukan, kemudian menguburkannya. Di gundukan di mana terletak binatang masih dapat dilihat sekarang.


Kami-kiri

Kami-kiri (pemotong rambut), sosok hantu yang dikenal seuka menyelinap, membuntuti seseorang untuk mencukur rambut mereka. Sosok hantu ini selalu mengganggu mereka yang sedang menjalin asmara bahkan pernikahan di luar kebiasaa dan kepatutan, misalnya seorang manusia menikahi siluman ataupun iblis. Kami-kiri akan mencoba menunda ataupun mencegah terjadinya perkawinan antara mahluk lain jenis. Kehadirannya dikatakan untuk mencegah kesalahan besar manusia dan mahluk supranatural.


Betobeto-san

Jika di suatu malam anda berjalan dan mendengar langkah kaki mengikuti anda, lalu dengan rasa takut anda mencoba mnengok kebelakang dan tidak ada apa2 disana, berarti anda telah bertemu dengan hantu yang dikenal di perfektur NARA dengan nama BETOBETOSAN. Dikatakan jika anda berdiri di sisi jalan dan berkata “betobeto san silahkan duluan” maka suara langkah kaki itu akan berhenti dan anda bias melanjutkan perjalanan dengan tenang.


Basan

Berkokok di puncak gunung di sekitar perfektur ehime,di siang hari monster berbentuk unggas ini bersembunyi diantara hutan bamboo tetapi pada malam hari ia keluar dan berkeliling di sekitar perkampungan penduduk, bersuara aneh seperti “basabasabasa” berisik sehingga menimbulkan rasa penasaran orang untuk menengok keluar jendela, dan mereka tak akan melihat apa apa diluar sana. BASAN disecritakan juga bisa menyemburkan nafas api tetapi belum diketahui apakah mahluk ini berbahaya bagi manusia


Shirime

Orang Jepang menyebutnya Shirime. Shirime alias “mata pantat” adalah sosok yōkai aneh dengan satu mata yang terletak di anusnya. Konon, ceritanya berawal dari seorang Samurai sedang berjalan di malam hari di jalan Kyōto, lalu ia pun mendengar seseorang memanggilnya dan menyuruhnya untuk menunggu. “Siapa disana?!” Samurai tersebut bertanya dengan gugup. Dan ketika melihat sekeliling, ia menemukan seorang pria sedang membuka bajunya dan menonjolkan pantat bulatnya ke petualan tersebut. Sebuah mata raksasa gilang-cemerlang kemudian terbuka membelalak di tempat dimana seharusnya tempat buang air besar berada. Konyolnya, kenapa seorang Samurai yang terkenal kuat dan sigap dan selalu menyandang pedang di sampingnya tidak lantas menancap mata tersebut karena kaget. Bisa saja, kan? Memang konyol. Eit, tapi tunggu dulu. Apakah hantu ini seram atau lucu?


Zashiki-Warashi

Sebenarnya di sekitar rumah kita juga ada lho… Coba cek ruangan belakang kalian, mungkin disana tingga zashiki warashi. Zashiki warashi adalah obake berwujud anak laki-laki meskipun dia kadang-kadang nakal dan suka mengisengi penghuni rumah, ia tidak berbahaya, bahkan pembawa keberuntungan dalam rumah yang ditinggalinya. Maka bersikap manislah kepadanya, soalnya jika ia pergi, keberuntungan rumah kalian pun akan ikut pergi juga.


Umi-bōzu

Umibōzu ("bhiksu laut") adalah semacam makhluk supranatural dalam cerita rakyat Jepang. Konon Umibōzu tinggal di lautan dan membalikkan perahu bagi siapapun yang berani mengajaknya berbicara. Namanya sendiri, yang ditulis dengan huruf untuk kata "laut" (umi) dan huruf untuk kata "bhiksu" (bōzu) kemungkinan terkait dengan fakta bahwa konon Umibōzu memiliki kepala besar yang bulat dan botak, menyerupai kepala botak para bhiksu.
Di sisi lain, mereka adalah Yōkai (siluman) perkasa yang menampakkan diri untuk menenggelamkan kapal dan para nelayan. Dipercaya mereka berasal dari perwujudan para bhiksu yang tenggelam di laut, menampakkan kepala botak dan tampak khas seperti sedang berdoa. Biasanya mereka dikatakan memiliki badan berwarna abu-abu atau gelap dan anggota tubuh yang berkeluk-keluk menyerupai ular.
Menurut suatu kisah, jika marah, ia meminta para awak kapal untuk menyediakan suatu gentong yang kemudian dipakainya sebagai gayung untuk menenggelamkan kapal dengan guyuran air laut. Untuk mengatasinya, ia harus diberi gentong tanpa dasar.


Yasha

Para yaksha (yasha diberikan dalam bahasa Jepang) adalah kelas roh kuno  biasanya-baik hati dari mitos India, yang memimpin harta bawah tanah dan disembah sebagai yg mengawasi kematian. Berawal Buddhisme, yang sering diadakan dewa India asli yang belum berasimilasi dengan pemakan manusia setan, melihat yaksha sebagai makhluk sesat tersebut dan tenggelam ke dalam kategori yang sama sebagai Raksasa apalagi rakshasa setan. Dengan demikian gambar yaksha yang dibawa ke Jepang itu jelas buas, dan mereka dimasukkan ke dalam budaya Jepang sebagai jenis oni. Akhirnya, bagaimanapun, Buddha dimasukkan dalam yaksha dan Raksasa yang dari banyak dewa yang membela hukum Buddha, dan makhluk-makhluk ganas diobati dengan cara yang lebih menguntungkan.


Bake-zōri

Di suatu rumah, ada sebuah pelindung kaki yang diperlakukan dengan tidak layak, sebuah sandal ZORI tua hidup pada malam hari dan keluar dari gudang. Biasanya hantu ini berlarian didalam rumah dan berteriak teriak "kararin, kororin, kankororin! Mata tiga, mata tiga bergigi dua! Kata kata ini mungkin menyebut sandal GETA (sejenis bakiak) yang mana punya 3 mata (lubang yang dibuat untuk memasukan tali pegangan kaki) dan 2 gigi (alas kayu yang terdapat di bagian bawah sandal geta tsb).


Bake-kujira

Pada suatu ketika, sesosok tengkorak ikan paus muncul di perairan perfektur Shimane, dengan dipandu oleh seekor ikan aneh dan kumpulan burung. Beberapa nelayan yang melihat mencoba melemparkan tombak ke arahnya, tetapi tak berpengaruh apapun. Hantu ikan paus tersebut kabarnya terus menyusuri perairan jepang dengan keanehan keanehan lainnya.



Ayakashi

Konon sering dijumpai Di perairan jepang, AYAKASHI mahluk yang mirip dengan belut, tubuhnya tidak begitu besar tetapi panjangnya mencapai ribuan meter, jika ia melintas diatas perahu kecil, bisa menghabiskan waktu 2 – 3 hari untuk ia selesai melintasinya,. Jika ada orang yang menceburkan diri untuk kabur ketika AYAKASHI melintas diatas perahu, maka tubuh orang tersebut akan meleleh akibat minyak yang dikeluarkan dari kulit AYAKASHI.


Ao-sagi-bi

Ketika malam hari, sesosok burung bangau bisa terlihat dengan matanya yang menyala serta bulunya yang putih memancarkan cahaya mistis. Dari kejauhan, burung itu terlihat seperti bola api.


Ao-nyōbō

Di reruntuhan istana istana kuno, mungkin saja anda bisa bertemu dengan iblis wanita ini, wujudnya adalah sesosok monster wanita dengan pakaian kerajaan, giginya hitam dan tidak memiliki alis,. Kabarnya, ia akan membunuh tiap laki laki muda yang ditemuinya.


Ippon-datara

Raksasa pemalu ini jarang ditemui oleh manusia, dan yang terlihat hanyalah satu baris jejak kaki besar, berkelok-kelok melalui pegunungan bersalju Prefektur Wakayama. Ippon-datara dianggap seperti manusia besar, seperti binatang dengan satu kaki dan satu mata. Hal ini juga dikabarkan bahwa Ippon-datara adalah ahli pandai besi, atau mungkin salah satu hantu.


Nurarihyon

Yōkai lain yang ditemukan di periode Edo, Nurarihyon. Digambarkan di sini sebagai sebagai laki-laki tua berpakaian baik dengan kepala botak yang panjang. Legenda Prefektur Okayama kuno menggambarkan Nurarihyon sebagai makhluk laut yang ditemukan di Pedalaman Laut Seto, sering terlihat terombang-ambing di sekitar permukaan air seperti beberapa jenis ubur-ubur raksasa atau gurita. Nurarihyon menghindari penangkapan dengan menyelam di dalam air, ketika orang pendekatan untuk menyelidiki.

Pada zaman Edo, Nurarihyon kemudian dikenal sebagai laki-laki tua yang misterius dengan kemampuan luar biasa untuk menyelinap ke rumah-rumah dan "mengambil alih." Ketika sebuah rumah penduduk dijumpai dia duduk sambil minum teh, maka mereka tidak dapat mengusirnya keluar tapi memperlakukan dia sebagai kepala rumah tangga. Nurarihyon dikatakan sebagai sosok yang sangat dihormati di dunia Yōkai.


Konaki-jijī

Konaki jiji adalah makhluk kecil yang jahat.
Hantu ini berbentuk bayi dan bersembunyi dai daerah pegunungan terpencil menunggu pejalan yang tidak bersalah lewat.
Ketika korban sudah di depan mata, Konak jiji mulai menangis, dan pejalan kaki yang punya hati tentu akan mencari dan menghentikan tangisan bayi dengan menghiburnya.
Padahal itu adalah kesalahan besar.
Saat Konaki jiji diangkat, beratnya akan bertambah tak tertahankan.
Beberapa sumber mengatakan mereka bisa tumbuh hungga 350 kilogram, cukup untuk membuat kerusakan serius bagi siapa yang mengangkatnya.
Terkadang si korban tidak bisa menjatuhkan Konaki jiji karena lumpuh.
Namun, jika ada yang bisa bertahan dengan berat Konaki jiji, hal itu akan memberikan kekuatan gaib.


Ko-dama

Termasuk siluman gunung, adanya di pedalaman gunung atau lembah.
siluman ini bisa mengulangi kata2 yg kita ucapkan..... bila kita berteriak di gunung kamu akan mendengar suara gema suara kamu. sebagian orang jepang masih mempercayai kodamalah yg menyebabkan suara itu.


Kirin

Qilin juga dieja Kylin, atau Kirin (bahasa Jepang dan Korea) adalah mahkluk mitologis yang terdapat dalam legenda-legenda di berbagai negara di Asia Timur (Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, dll.) dan dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak. Qilin adalah sebuah pertanda baik yang menghadirkan rui (bahasa Tionghoa: 瑞; pinyin: ruì; yang lebih kurang dapat diterjemahkan sebagai "ketenangan" atau "kemakmuran"). Ia seringkali digambarkan dengan api yang menutupi seluruh tubuhnya. Di Tiongkok dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana. Qilin adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir. Qilin berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak.


Kerakera-onna

Kerakera - onna 倩兮女 (けらけらおんな) berasal dari kata "kerakera" yang artinya tertawa dan "onna" artinya perempuan. Jadi "kerakera - onna" artinya wanita yang sering tertawa.

Ada 2 pendapat tentang kerakera - onna pendapat pertama bilang kerakera - onna suka membuat orang tertawa (good side) dan pendapat yang kedua bilang kerakera - onna bukan membuat orang tertawa tapi menakuti seseorang dengan tawanya yang mengerikan (bad side).
Pada zaman Edo , ada seorang wanita cantik yang senang membawa tawa dan kebahagiaan dengan suara tertawanya dan rasa humor yang unik dimana saja ia berada. Wanita ini hanya terlihat untuk waktu yang singkat di satu tempat , karena wanita ini senang berpindah - pindah tempat. Bahkan ia sering kembali ke suatu tempat untuk membawa kegembiraan dan kenikmatan kepada semua orang.

Penampilan
Kerakera - onna sering muncul dengan kepala yang jauh lebih besar daripada tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang konyol , dia mencoba untuk membuat tertawa semua orang yang dia temui.


Kama-itachi

Kamaitachi adalah sejenis yōkai dalam mitologi Jepang, biasanya di daerah Kōshin'etsu.
Ada beberapa pandangan mengenai bagaimana wujud dan tingkah lakunya, namun yang umum menyatakan bahwa Kamaitachi adalah sekumpulan (tiga ekor) musang yang bercakar tajam, bergerak bagai hembusan angin, dan melukai kulit kaki manusia. Menurut versi ini, musang yang pertama memukul badan korbannya sampai lunglai, kemudian yang kedua segera mengiris kulit korbannya, dan yang ketiga segera mengoleskan obat pada luka tersebut, sehingga pada saat itu terjadi, korban hanya merasakan rasa sakit seperti terluka namun tidak berdarah. Kadangkala mereka diceritakan bersaudara, kadangkala hanya sebagai tiga serangkai. Catatan mengenainya dapat ditelusuri dalam karya Toriyama Sekien, yang kemungkinan juga merupakan salah satu orang yang terlebih dahulu membayangkannya berwujud musang.


Jubokko
http://www.3neko.ru/images/3neko/obakemono/g-j/jubokko.gif
Sebuah pohon raksasa yang muncul dalam ensiklopedia setan sang kartunis Shigeru Mizuki. Mizuki menggambarkan bahwa pohon ini tumbuh di sisa-sisa medan pertempuran di mana banyak orang telah meninggal. Pohon mengembangkan rasa untuk darah dan menyeddot dari setiap orang yang tidak curiga yang berhasil ditangkap.

Peneliti-peneliti setan/ makhluk halus Kyogoku Natsuhiko, Tada Katsumi, dan laporan Kenji Murakami Namun, bahwa mereka tidak dapat menemukan jejak tanaman vampir ini dalam catatan cerita rakyat, sastra lama, atau benar-benar sumber manapun yang ada sebelum jaman Mizuki. Mereka menduga ini adalah penemuan nya, tapi rupanya Mizuki suka merahasiakan sumbernya.


Azuki-arai

Jauh dibawah air terjun pegunungan di seluruh jepang, anda mungkin bisa mendengar suara yōkai - shoki shoki, seperti suara seseorang yang sedang mencuci kacang merah azuki, kadang juga terdengar nyanyian. Walau nyanyiannya terdengar menakutkan, nyatanya AZUKI ARAI adalah mahluk yang sangat pemalu yangmana hanya mengganggu manusia dengan suara suara anehnya, tetapi jika ada orang yang berani mengganggunya, maka orang tersebut bisa ditenggelamkannya. AZUKI-ARAI sangat jarang terlihat, biasa wujudnya menyerupai anak kecil, orang tua cebol atau nenek nek yang sangat pendek.


Ittan-momen

Berkibar sepanjang langit malam di atas Prefektur Kagoshima, makhluk yang nampak tidak berbahaya ini pada awalnya nampak tak lebih seperti sepotong kain putih sepanjang sepuluh meter, sampai jatuh ke korban manusia yang tak curiga dan melingkar di sekitar kepala dan leher, mencoba untuk membawa ke kematian dengan mati lemas.

Meskipun dalam penampilan ittan-momen yang tampaknya seperti semacam TSUKUMO-gami, seorang pria yang pernah menangkis serangan kain ini dengan pedangnya dengan darah yang tersisa di tangannya ketika hantu ini menghilang, mungkin menunjukkan bahwa makhluk ini adalah sejenis hewan bertransformasi.


Hito-dama

Hitodama mungkin satu yang paling familiar diantara hantu hantu jepang lainnya, Api roh yang berbentuk bola api yang memiliki ekor dengan bentuk spiral, berqwarna biru atau putih bersinar seperti bulan,
Biasanya terlihat di areal pemakaman dan pada malam hari di dalam hutan ketika musim panas tiba, tetapi mereka bisa sesekali muncul ditempat tempat lain, seperti muncul disekitar orang yang sedang sakit menjelang kematiannya.
Hitodama seringkali juga jatuh membentur tanah lalu menghilang dengan sekejap, mahluk ini meninggalkan jejak berupa busa atau cairan lengket pada benda apapun yang mereka sentuh. Tidak hanya terlihat sebagai perwujudan roh orang mati atau adanya aktivitas spiritual, Hitodama bisa juga muncul karena dipanggil oleh kekuatan hantu yang bernama Kitsune.
Semua jenis hantu bola api biasanya mempunyai penampilan, fungsi dan perilaku yang sama.
biasanya mereka berfungsi memberi tanda bahwa ada pemakaman disekitar ia muncul, menjahili para pelancong dengan menyesatkannya, ada yang digunakan oleh hantu bernama Kitsune, dan penampakan penampakan biasa pada tempat tempat angker.

  Futa-kuchi-onna

Dalam mitologi dan cerita rakyat jepang , para futakuchi - onna hampir memiliki awal kisah yang sama dengan cerita Rokurokubi, Kuchisake - onna dan Yama-Uba. Yaitu perempuan yang menderita karena kutukan atau penyakit supranatural yang mengubahnya menjadi siluman. Ada beberapa cerita yang merupakan asal - usul futakuchi - onna memiliki 2 mulut , tetapi hal yang paling sering dikaitkan adalah wanita yang sering diet atau jarang makan.

•Futakuchi - onna awalnya (biasanya) merupakan istri dari suami yang pelit sehingga jarang diberi makan. Untuk mengatasi ini , mulut kedua muncul secara misterius di bagian belakang kepala wanita itu. Mulut kedua ini sering bergumam hal - hal jahat untuk mengancam perempuan ini agar segera makan. Jika tidak diberi makan , dapat teriak dengan kencang dan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa kepada wanita tersebut. Karena wanita itu tetap tidak mau memberi makan , rambut wanita itu pun mulai bergerak sendiri seperti ular , dan memberikan makanan ke mulut kedua supaya wanita itu makan.
•Seorang wanita pelit pergi ke hutan dengan membawa kapak suaminya untuk memotong kayu. Ketika memotong kayu , ia tidak sengaja memukul ke kepalanya dengan kapak suaminya -_-. Tetapi lukanya tidak pernah sembuh. Dan terbentuklah mulut misterius itu.

•Ada seorang ibu yang membiarkan anak tirinya mati kelaparan dan dia hanya mengisi perutnya saja makan. Roh anak terlantar itu pun masuk ke tubuh ibunya dan membuat mulut baru dibelakang kepalanya untuk membalas dendam.


Me-kurabe

Kiyomori, pemimpin yang kejam dari klan Taira, adalah sesuatu dari tokoh terkenal dalam sejarah Jepang, dan menjelang akhir hidupnya dikatakan, dia mulai menjadi gila dan sering dikunjungi oleh penglihatan dari dunia lain.

Suatu hari ketika Kiyomori memandang keluar ke halamannya, halamannya benar-benar penuh dengan tengkorak manusia, semua menggulung maju dan mundur. Dia tak gentar, dan berkeliling mencari pelaku yang masih hidup. Tapi kemudian tengkorak mulai menggelinding bersama dengan sendirinya, menumpuk setinggi gunung, semua memandang dengan pahit ke arah Kiyomori dengan bola mata seperti orang yang masih hidup. Apakah mereka adalah roh penyesalan dari semua orang yang dibunuh oleh orang ini?

Kiyomori masih tenang, dan dengan segera kembali menggeram menatap pada tengkorak. Mereka menghilang tanpa jejak.


Hari-onago

Harionago juga dikenal sebagai Harionna  adalah seorang wanita hantu menakutkan dalam mitologi Jepang. Namanya secara harfiah berarti "perempuan berduri". Harionago disebut sebagai seorang wanita cantik dengan rambut sangat panjang dan berujung lancip seperti duri. Harionago mampu menggerakkan rambutnya, dan digunakan untuk menjerat pria. Konon ia berkeliaran di jalan-jalan di Prefektur Ehime di pulau Shikoku Jepang, mencari korban. Ketika ia menemukan seorang pria muda, ia akan tertawa, dan jika pemuda tersebut berani ikut tertawa, Harionago akan menunjukkan rambut berdurinya yang mengerikan dan menyerang.


Doro-ta-bō

Jaman dahulu, disebelah Barat Tokyo ada seorang petani miskin pekerja keras. Dia menggarap sebuah lahan yang tak terurus hingga mengubahnya menjadi sebuah lahan beras padi yang produktif untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Tetapi suatu ketika lelaki itu jatuh sakit, dan anak laki-laki satu-satunya yang malas dan tukang bohong, tidak seperti ayahnya, menghabiskan hari-harinya dengan minum-minuman dan mengabaikan lahan peninggalan ayahnya yang subur. Akhirnya lahan tersebut dijual ke pemilik yang baru.Tetapi roh pria tua itu tidak bisa beristirahat dengan tenang, melihat peternakannya dalam reruntuhan dan kerja kerasnya tak berarti ap-apa, dan suatu malam badannya bangkit dari lumpur, menangis menuntut agar lahannya dikembalikan. Sejak saat itu, setiap malam terang bulan, suara petani yang sudah mati tersebut terdengar dari kejauhan, meminta lahannya dikembalikan.


Baku

Ketika tidur, kebanyakan orang akan berharap untuk bermimpi indah, atau setidaknya ga mimpi sama sekali. Tetapi, kadangkala disuatu malam, mimpi buruk datang menghantui... nah, malam malam seperti itu adalah malam yang tepat untuk kedatangan BAKU.. the dream eater.

Ketika mimpi buruk datang, jika kamu masih bisa tersadar melalui alam bawah sadarmu atau ketika kamu terbangun setelah mimpi buruk, cobalah untuk mengucapkan kata kata ini “Baku, devour this dream!”, maka Baku akan datang, memakan mimpi burukmu dan meninggalkan anda setelah anda tertidur pulas. Karena hal tsb, Baku adalah salah satu siluman yang lebih baik anda ketahui keberadaannya.Dijepang, biasaanya para orangtua akan menceritakan tentang keberadaan dan kedatangan baku kepada anak anak mereka sebelum anak2 tidur. Wujud dan penampilan baku yaitu memiliki kepala seperti singa, badannya seperti kuda, kakinya seperti macan dan ekornya seperti sapi. Walaupun ada literature lain yang menyebutkan wujud lain dari Baku tetapi yang pasti, wujud Baku adalah paduan dari beberapa macam binatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar